Cara Menyembuhkan Alergi Pada Anak

Jika Si Kecil menunjukkan gejala alergi seperti bersin-bersin, gatal, hingga kemudian muncul ruam kemerahan pada kulit, waspada ya Bu. Memang, alergi merupakan sebuah kondisi umum yang sudah sering dialami oleh anak-anak. Penyebabnya pun beragam, misalnya kondisi sistem kekebalan tubuh yang memberikan reaksi tidak biasa pada alergen. Lantas bagaimana cara menyembuhkan alergi pada anak? Yuk simak penjelasannya berikut ini. 

Jenis alergi serta cara mengatasinya

Sebelum mengetahui cara yang tepat untuk menangani alergi, sebaiknya Ibu tahu apa yang menyebabkan anak mengalami gejala alergi. Maka, dengan mengetahui apa penyebabnya, Ibu akan bisa mengantisipasi anak agar tidak terpapar zat-zat alergen. Sehingga reaksi tubuh yang berlebihan tidak akan muncul. Berikut jenis alergi serta cara mengatasinya:

Alergi debu

Salah satu jenis alergi yang paling umum dialami oleh anak-anak yaitu alergi debu. Debu memang sangat mudah dijumpai di mana saja. Misalnya di rumah, di sekolah, di jalan raya, hingga di mainan anak sekalipun debu akan menempel. 

Nah, bagaimana cara mengatasinya jika hal ini telah terjadi? Yang paling utama yaitu menjaga kebersihan. Ibu harus senantiasa memastikan membersihkan  tempat dan barang-barang yang sering dijangkau anak dengan rutin. Selain itu, hindarilah merokok di dekat Si Kecil. Ibu juga bisa memakaikan masker pada Si Kecil tiap kali akan keluar rumah. 

cara menyembuhkan alergi pada anak
cara menyembuhkan alergi pada anak

Alergi makanan

Selain debu, makanan juga bisa jadi penyebab terjadinya alergi pada anak, loh. Jenis makanan yang paling sering menyebabkan alergi yaitu telur, kacang-kacangan, segala produk dari susu, dan juga seafood. Bila Si Kecil memiliki riwayat alergi pada suatu jenis makanan, maka tubuhnya akan mengeluarkan reaksi seperti muntah, gatal-gatal, saat mengkonsumsinya. 

Lantas bagaimanakah cara menanganinya? Bila  sudah diketahui bahwa Si Kecil alergi terhadap suatu jenis makanan tertentu, hal pertama yang perlu Ibu lakukan yaitu menghindari makanan alergi untuk Si Kecil. Ibu juga bisa berkonsultasi pada dokter apabila Ibu  masih ragu mengenai gejala alergi serta makanan apa yang menjadi pemicu alergi pada Si Kecil. Biasanya, alergi pada anak akan hilang seiring dengan pertumbuhannya saat beranjak dewasa. Namun terdapat beberapa kasus yang hingga dewasa pun tetap memiliki alergi pada jenis makanan tertentu. Maka dari itu, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan allergen. 

Alergi dingin

Alergi bisa saja terjadi apabila Si Kecil terpapar suhu udara yang dingin. Apabila Si Kecil mengalami tanda-tanda seperti kemerahan, bengkak, hingga gatal-gatan, itu artinya Si Kecil mengalami masalah ini. 

Bagaimanakah cara mengatasinya? Saat suhu udara sedang dingin, berilah Si Kecil pakaian yang tebal dan hangat. Berikan juga makanan atau minuman hangat agar Si Kecil merasa nyaman. 

Alergi binatang 

Kegiatan memelihara binatang di rumah merupakan kegiatan yang bisa memberikan dampak yang baik bagi tumbuh dan kembang Si Kecil. Namun, bulu dari binatang peliharaan bisa jadi salah satu penyebab Si Kecil mengalami alergi, loh. Ciri-cirinya yaitu gatal-gatal dan sesak napas tiap kali berdekatan dengan binatang. 

Bagaimana cara mengatasinya? Jika Si Kecil sudah dinyatakan alergi terhadap bulu, sebaiknya jangan biarkan Si Kecil dekat-dekat dan bermain bersama binatang peliharaan.

Pastikan  peliharaan Anda memiliki sanitasi yang baik serta tetap berada di kandangnya. Selain menjaga kebersihan kandangnya, Anda juga harus menjaga kebersihan tubuh binatang peliharaan. 

Nah, itulah jenis alergi serta cara menyembuhkan alergi pada Si Kecil. Di samping itu, sebaiknya Ibu perlu memberikan Si Kecil nutrisi terbaik seperti susu Nutricia.