Harga Kebutuhan Pokok

Harga Kebutuhan Pokok

Harga kebutuhan rumah tangga yang melangit saat ini memang sudah lumrah terjadi. Hal tersebut dipicu oleh akan datangnya bulan Ramadan yang tinggal beberapa waktu lagi. Tentunya kenaikan yang signifikan itu menimbulkan masalah baru bagi para ibu rumah tangga. Padahal berbagai kebutuhan harus terpenuhi dengan biaya yang ada. Dampaknya para ibu rumah tangga harus berpikir untuk mendapatkan bahan kebutuhan rumah yang sehat, bergizi, dan tidak menyedot banyak biaya. Pada dasarnya setiap ibu rumah tangga memiliki kewajiban untuk berbelanja guna mencukupi kebutuhan rumah tangga, salah satunya berkenaan dengan kebutuhan sembako yang paling penting tersedia di dalam rumah.

Sembako adalah sembilan jenis kebutuhan pokok masyarakat, terdiri atas beras, sagu, dan jagung, gula pasir, sayur – sayuran dan buah – buahan, daging sapi, daging ayam, dan ikan, minyak goreng dan margarin, susu, telur, minyak tanah atau gas elpiji, serta garam beryodium. Sembako merupakan kebutuhan pokok utama yang dibutuhkan setiap hari dan wajib ada serta tersedia di pasar. Berdasarkan segi ekonomi permintaan barang – barang sembako bersifat inelastic, yaitu perubahan harga sembako tidak akan banyak mempengaruhi tingkat permintaan produk oleh konsumen selama tidak terlalu signifikan. Apabila harga sembako tersebut naik secara signifikan maka konsumen melakukan subsitusi.  Begitu pula yang terjadi saat ini harga sembako yang naik menjelang bulan Ramadan menjadikan para ibu rumah tangga harus berpikir cerdas untuk tetap mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan biaya yang tersedia.

Kebutuhan akan sembako merupakan kebutuhan wajib yang harus dipenuhi dan tersedia di dalam rumah. Berkaitan dengan hal tersebut para ibu rumah tangga berbelanja dan mengetahui berbagai perubahan dan kenaikan harga kebutuhan rumah tangga. Begitu pula kebutuhan sembako yang terdiri atas beras, sagu, dan jagung, gula pasir, sayur – sayuran dan buah – buahan, daging sapi, daging ayam, dan ikan, minyak goreng dan margarin, susu, telur, minyak tanah atau gas elpiji, serta garam beryodium harus terpenuhi. Dengan demikian, melalui meningkatnya harga kebutuhan rumah tangga para ibu rumah tangga menyiasati kebutuhan yang diperlukan dengan melakukan subsitusi.

0 comments on “Harga Kebutuhan PokokAdd yours →

Tinggalkan Balasan