kepintaran anak sejak dini

Cara Melatih dan Stimulasi Kepintaran Anak

Cara Melatih dan Stimulasi Kepintaran Anak

Merawat buah hati memang tidak mudah. Kita sebagai orang tua harus cerdas dan jeli dalam mendidik serta merawat buah hati. Sejak bayi hingga masa kanak-kanaknya merupakan periode emas pertumbuhan, jadi setiap hari yang dilakukan oleh anak akan sangat mempengaruhi pada perkembangannya hingga remaja nanti. Begitu pula untuk kepintaran dan kecerdasan anak, ada berbagai latihan  dan stimulasi kepintaran anak yang bisa kita terapkan untuk melatih perkembangan otak anak.

Cara melatih dan stimulasi kepintaran anak cukup banyak dan dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kecerdasan ini tentunya akan menjadi dasar bagi si anak hingga remaja kelak. Beberapa rangsangan dan simulasi kecerdasarn yang bisa anda praktekan adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kepintaran anak dalam kemampuan berbahasa verbal , caranya adalah dengan sebanyak mungkin mengajak anak bercakap-cakap, rangsang agar anak mau berbicara dan bercerita, bacakan cerita berulang-ulang, dan juga  menyanyikan lagu anak-anak dll.
  2. Untuk melatih kepintaran anak dalam bidang logika-matematik, anda dapat melatih buah hati anda dengan berbagai permainan edukasi yang bersifat mengelompokkan, menyusun benda , menghitung mainan-mainan, merangkai sesuatu , bermain angka, halma, sempoa ,congklak, , catur, kartu, puzzle, teka-teki, monopoli, permainan komputer dll.
  3. Untuk meningkatkan kecerdasan visual-spatial, buah hati ada bisa anda latih dengan mengamati foto , gambar, merangkai dan membongkar lego, melipat, menggunting, menggambar, halma, puzzle, rumah-rumahan, permainan komputer dll.
  4. Untuk melatih kecerdasan buah hati dalam gerak tubuh, bisa anda coba dengan berdiri satu kaki, jongkok, menari , berjalan di atas satu garis, membungkuk, berlari, melempar, menangkap, melompat, latihan senam, olahraga permainan dll.
  5. Untuk merangsang kecerdasan musikal dapat anda coba dengan mendengarkan musik, bernyanyi, mengikuti irama dan nada, memainkan alat musik.
  6. Untuk melatih kecerdasan emosi inter-personal dengan bermain bersama dengan anak yang lebih tua dan lebih muda, saling berbagi kue atau mainan, meminjamkan mainan, mengalah, permainan mengendalikan diri, bekerjasama membuat sesuatu, mengenal berbagai suku, bangsa, budaya, agama melalui buku, TV dll.

Cukup banyak sekali aktivitas yang dapat kita terapkan kepada buh hati untuk meningkatkan kecerdasan dan kepintarannya. Selain itu asupan gizi pun harus maksimal, usahakan konsumsi 4 sehat lima sempurna setiap hari. Konsumsilah susu Wyeth yang mengandung nutrizi dan gizi lengkap untuk buah hati. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 comments on “Cara Melatih dan Stimulasi Kepintaran AnakAdd yours →

Tinggalkan Balasan