Cara sederhana Melestarikan Permainan Olahraga Tradisional

Indonesia memiliki kekayaan akan budaya yang begitu beragam, begitu juga dengan keragaman permainan olahraga tradisional yang ada di beberapa daerah dapat anda mainkan pada jaman modern sekarang ini. Permainan tradisional merupakan warisan kekayaan yang sudah semestinya dapat dilestarikan, apalagi jenis permainan yang mengandung nila positif bagi perkembangan kehidupan anak-anak.

permainan olahraga tradisionalBeberapa permainan tradisional yang mungkin belum anda ketahui seperti gobak sodor, bentengan, benthik, petak umpet, lompat tali, ular naga, donal bebek, balap karung dan permainan tradisional lainnya dapat melatih ketangkasan fisik serta dapat juga membawa dampak yang baik untuk perkembangan anak. Karena mereka akan mudah untuk berinteraksi dengan orang-orang yang ada di sekitarnya.

Cara sederhana dapat anda lakukan dalam melestarikan budaya Indonesia melalui permainan tradisional khas Negara kita, cara tersebut dapat kita mulai dengan memperkenalkan jenis permainan tersebut kepada anak melalui kegiatan lomba olahraga tradisional di lingkungan sekolah atau tempat tinggal.

Cara kedua anda dapat menjadikan permainan tradisional menjadi lebih menarik lagi, seperti mengubah sedikit pola permainan atau menambahkan aturan permainannya. Membuat sebuah komunitas dilingkungan masyarakat yang bertujuan untuk dapat mengenalkan, melatih serta melestarikan permainan olahraga tradisional agar tidak dilupakan oleh generasi penerus kita di masa yang akan datang.

Melalui cara tersebut, budaya Indonesia akan lebih dihargai di mata dunia dan juga tidak mudah untuk diakui oleh Negara lainnya selain Indonesia sendiri.

Menanamkan nila kebudayaan sedari kecil kepada anak sangatlah penting untuk dilakukan, karena selain dapat menambah wawasan seorang anak menjadi lebih luas, juga akan tertanam dalam benak serta pikirannya mengenai Negaranya sendiri yang kaya akan budaya dan salah satunya kaya akan berbagai permainan olahraga tradisional yang dapat mereka mainkan.

Selain itu sebagai orangtua, kita juga dapat mendidik anak melalui permainan yang lebih positif demi perkembangan anak menjadi lebih baik, selain daripada itu juga sudah turut melestarikan serta menjaga kekayaan budaya melalui pengenalan permainan tradisional kepada anak sejak Ia masih kecil.

0 comments on “Cara sederhana Melestarikan Permainan Olahraga TradisionalAdd yours →

Tinggalkan Balasan