Tips Otomotif, Naik Motor Ketika Hujan

Meskipun telah memasuki akhir bulan Februari nampaknya hujan masih sering terjadi akhir-akhir ini. Bahkan cuaca yang paginya cerah, siang pun bisa mendadak mendung. Selain itu, BMKG juga memperkirakan puncak hujan justru terjadi pada bulan Februari-Maret. Bukan tidak mungkin hal ini bisa saja jadi momok bagi Kamu pengendara motor. Belum lagi keadaan yang seperti ini bisa diperparah dengan adanya banjir.

Oleh karena itu ada beberapa tips otomotif motor Kamu, sebagai berikut:

  1. Tips bagi Kamu yang hobi menerjang hujan.

Mungkin Kamu adalah tipe orang yang tidak suka menunggu hujan, selain itu Kamu ingin segera sampai tujuan. Oleh karena itu Kamu adalah orang yang harusnya menyiapkan jas hujan, helm anti embun yang keduanya berguna untuk perlindungan fisik bagi Kamu si pengendara. Selain itu perlu juga menyalakan lampu motor untuk memudahkan Kamu mencari jalan atau sekedar sebagai tkamu kehadiran motor Kamu di tengah-tengah hujan saat Kamu berkendara. Adapun saat Kamu nekat dengan hujan, adakalanya Kamu harus juga tetap tenang menghadapi permasalahan yang dihadapi saat hujan termasuk macet atau adanya kubangan yang memungkinkan Kamu terjebak di dalamnya.

2. Cara aman berkendara saat ketika hujan

Kini setelah Kamu memakai jas hujan, usahakan Kamu selalu mengontrol kecepatan motor Kamu. Misalnya ketika Kamu melewati tikungan, kendarailah motor Kamu dengan pelan untuk menghindari slip. Adapulanya mata Kamu harus awas, apalagi ketika kamu melewati jalanan yang berlubang. Hindari juga cara pengereman yang mendadak, agar tidak terjadi slip ataupun rem gagal mencengkeram yang mungkin saja Kamu justru berjalan denganĀ ngepot. Terakhir perhatikan juga ban Kamu saat hujan seperti saat ini, ban yang sudah halus baiknya diganti yang baru untuk mengurangi resiko jalanan aspal yang berair.

3. Tips otomotif motor yang perlu diperhatikan lainnya

Beberapa yang perlu Kamu pikirkan adalah seperti gir rantai dan knalpot motor. Kedua komponen tersebut jika terkena cipratan hujan atau bahkan banjir jika tidak segera dibersihkan akan menyebabkan karat. Lantas, jika terjadi karat kualitas motor kecil kemungkinan menjadi awet. Khusus untuk bagian gir motor ada baiknya setelah Kamu mencuci motor, Kamu juga perlu memberikan cairan pelumas untuk gir tersebut . Terakhir komponen yang mungkin saja terkena dampak hujan adalah as dan bos roda. Adapun alat tersebut berfungsi sebagai poros ketika roda Kamu berputar, jika alat tersebut tidak dibersihkan mungkin saja akan menyebabkan laju motor Kamu menjadi oleng.

4. Ban yang aman digunakan saat hujan

Adapun motor yang diyakini bisa melawan hujan lebat sekalipun, adalah motor yang memiliki ban baru atau ban yang masih kasar. Sehingga saat Kamu menapaki jalanan yang basah, ban masih bisa bertumpu dan kemungkinan slip pun langka. Adapun tekanan yang digunakan ban tersebut haruslah sesuai stkamur. Selain itu jangan biasakan mengerem mendadak karena bisa jadi hal tersebut malah menipiskan ban Kamu.

Kini dari uraian di atas dapat dijelaskan beberapa tips otomotif motor yang dapat Kamu kamulkan ketika hujan tanpa harus Kamu merasa khawatir. Jadi jangan pernah Kamu bosan membersihkan motor Kamu sehabis hujan, walaupun itu melelahkan dan bisa bahkan bisa terjadi sehari-hari tapi setidaknya itu lebih membantu dibandingkan saat nanti motor Kamu rusak dan Kamu tidak bisa melakukan aktivitas dengan motor kesayangan Kamu.

0 comments on “Tips Otomotif, Naik Motor Ketika HujanAdd yours →

Tinggalkan Balasan