Mengenang Kembali Kejayaan Yamaha RX-Z

Anda yang pernah mengalami mas muda di era tahun 1990-an tentunya merasakan atmosfer kejayaan motor Yamaha RX-Z. Motor asal negeri matahari tersebut merupakan saudara dekat motor berkecepatan tinggi yakni Yamaha RX-King. RX-Z yang pernah menjadi tren di masanya ini memiliki konsep mesin yang sama dengan RX-King. Konsep yang sedikit membedakannya dari Yamaha RX-King yaitu tampilan RX-Z lebih mirip sebagai motor touring style naked bike.

Bila anda memperhatikannya dengan seksama pada bagian sirip cover bawah mesin, bentuk batok headlamp, buritan belakang yang tajam, dan bagian knalpot maka Yamaha RX-Z ini jelas-jelas mencerminkan sebagai motor sport. Bagian stang pada Yamaha RX-Z ini merupakan stang jepit yang agak merunduk sehingga kesan sebagai motor balap begitu terasa. Untuk bagian mesinnya sendiri baik RX-Z maaupun RX-King sama-sama mengusung mesin 2 tax kelas 135 cc. Bagian pembeda Yamaha RX-Z dengan Yamaha RX-King mungkin salah satunya terdapat pada bore dan strokenya. Ukuran bore dan stroke Yamaha RX-Z yaitu 56 dan 54 mm sedangkan Yamaha RX-King ukuran diameternya adalah 58 dan 50 mm.

Yamaha RX-Z dapat menghasilkan daya pacu sampai 21php dalam putaran 8.500rpm. Walaupun mempunyai kekuatan atau power yang besar akan tetapi motor pabrikan Jepang ini mendapatkan penghargaan sebagai motor ramah lingkungan dari EURO 2. Mungkin banyak segelintir orang yang berpandangan mengapa motor Yamaha RX-Z mendapatkan penobatan yang membanggakan tersebut dibalik jenis mesin 2 taxnya yang dikenal sering bermasalah dengan polusi udara. Mesin 2 tax memang dikenal dapat memproduksi asap yang berlebihan sehingga dianggap dapat menjadi salah satu penyebab polusi udara. Untuk itu sejak awal tahun 2000-an produksi motor dengan mesin 2 tax tersebut dihentikan untuk kemudian digantikan dan diperbarui dengan mesin 4 tax yang dianggap lebih ramah lingkungan.

Produksi motor Yamaha RX-Z ini dihentikan pada tahun 1998 karena jumlah peminat pada motor jenis tersebut semakin berkurang. Namun diantara sebagian masyarakat banyak yang masih mencari keberadaan motor ini baik untuk sekedar koleksi atau dimodifikasi lagi dengan tampilan yang lebih keren. Untuk harga RX King maupun RXZ sendiri saat ini cenderung relative dan berbeda-beda di setiap daerah.

0 comments on “Mengenang Kembali Kejayaan Yamaha RX-ZAdd yours →

Tinggalkan Balasan