Kerajinan Gelang Kulit Manding

Manding adalah satu daerah yang terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Daerah yang berjarak kurang lebih 15 km dari pusat kota Yogya ini adalah sentra atau pusat kerajinan kulit yang ada di kota pelajar ini. Berbagai produk kulit dibuat dan dijual di Manding, mulai dari jaket, tas, dompet, sepatu, hingga asesoris seperti gelang kulit.

Gelang kulit di Manding dibuat dari sisa bahan produk besar seperti jaket, sepatu, dan tas. Namun sebuah cinderamata yang dibuat dari bahan sisa bukan berarti tidak bagus. Di sini, semua produk kerajinan (termasuk gelang) dibuat dari kulit, baik kulit asli maupun sistetis. Kedua jenis bahan tersebut dipilih agar produk yang dihasilkan para pengrajin kulit Manding lebih variatif, menyesuaikan daya beli dan keinginan konsumen, serta bersaing dengan produk-produk impor serupa.

Pengunjung dan pembeli bisa mendapatkan berbagai macam gelang kulit yang sesuai dengan keinginan masing-masing. Berbagai macam desain gelang, mulai dari klasik hingga modern, ada di tempat ini. Pilihan warna dan harganya pun beragam. Setiap desain dibuat melalui riset trend mode aksesoris kulit yang sedang populer. Harga yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari 2000 rupiah sampai puluhan ribu rupiah (tergantung bahan dan model)

Proses pembuatan gelang kulit biasanya lebih mudah. Sisa bahan jaket, sepatu, dan tas dikumpulkan dan kemudian dipotong sesuai pola desain yang sudah ditentukan. Bahan yang sudah dipotong sesuai pola kemudian digabungkan atau ditambahkan dengan asesoris lain sehingga menjadi sebuah gelang. Asesoris tambahan untuk gelang pria biasanya hanya berupa kancing klip atau buckle. Spike dari plastic atau logam juga diaplikasikan untuk desain gelang pria. Gelang spike atau gelang yang berukuran lebar biasanya dikenakan oleh remaja atau untuk keperluan penguatan karakter pertunjukan. Sementara untuk gelang wanita, tambahan asesoris seperti manik-manik atau hiasan seperti bunga-bunga kecil dipakai untuk memberikan kesan feminim.

Gelang yang sudah jadi selanjutnya masuk ke tahap pewarnaan (khusus untuk desain gelang yang berwarna). Para pengrajin kulit di Manding biasanya akan menggunakan pewarna tekstil komersial untuk memberikan warna pada kulit yang akan dipakai untuk membuat gelang. Pengrajin biasanya menggunakan teknik kuas untuk memberikan lapisan warna pada gelang. Pewarnaan akan dilakukan (minimal) 2 kali. Langkah selanjutnya adalah pengeringan sambil sesekali kulit dibengkokkan untuk tetap menjaga kelenturan dan pewarnaan yang lebih merata.

Jika pengunjung atau pembeli tidak dapat menemukan model gelang yang dicari, mereka bisa memesan gelang kulit sesuai model yang diinginkan. Tidak jumlah minimal pemesanan, perbedaan terletak pada harga. Harga jualĀ gelang kulit Manding bisa dihargai sampai 100.000 rupiah, namun pembeli pasti akan puas dengan kualitas bahan dan pengerjaan gelang pesanannya.

0 comments on “Kerajinan Gelang Kulit MandingAdd yours →

Tinggalkan Balasan