Cara Mengetahui Kehamilan Sedini Mungkin

Kenali Kehamilan dengan Cara Mengetahui Kehamilan Sedini Mungkin

Cara Mengetahui Kehamilan Sedini Mungkin Secara Alami

Terkadang untuk ibu hamil membutuhkan waktu yang sedikit lama untuk mengetahui bahwa ibu telah hamil. Karena hal tesebut mka dapat memicu beberapa keadaan yang tidak diinginkan nantinya. Sehingga ibu ketika mulai telat datang bulan segera mengecek kehamilan atau dengan periksa ke dokter. Atau dapat juga ibu memcari beberapa cara mengetahui kehamilan sendiri dari berbagai sumber terpercaya, baik dari keluarga, kerabat, buku bahkan dari internet. Dengan begitu ibu tidak akan telat mengetahui umur kehamilan sendiri.

Usia kehamilan sekarang dihitung tidak menggunakan hitungan bulan lagi, namun menggunakan hitungan minggu. Usia kehamilan akan dihitung dari hari pertama periode haid, bukan di hari terakhir haid. Pertumbuhan dan perkembangan janin didalam kandungan setiap periodenya berbeda dan terus berkembang. Sehingga ibu tidak boleh melewatkan periode tersebut dengan tidak mengetahui bahwa ibu sedang hamil. Cara mengetahui kehamilan paling sederhana biasanya yang dirasakan oleh kebanyakan orang adalah mual muntah pagi hari, cepat lelah, dan sakit perut. Memang gejala yang ditimbulkan tidak cukup untuk membuktikan bahwa ibu sedang hamil. Maka lebih akuratnya lagi ibu dapat mengeceknya. Adapun periode pertumbuhan bayi sebagi berikut:

  • Trimester pertama

Trimester pertama terjadi pada usia kehamilan 0 sampai dengan 12 minggu. Pada trimester pertama ini mulai berkembangnya embrio dari zigot. Embrio yang sudah dilapisi oleh plasenta dan mulai sedikit akan membentuk wajah namun belum sempurna. Sudah ada peredaran darah, dan janin mendapatkan nutrisi dari ibu lewat plasenta. Kemudian pada minggu ke lima tulang rawan mulai menjadi tulang, mulai terbentuk jantung, hati, empedu, dan organ lainnya. Pada minggu ke sembilan sampai minggu ke duabelas tubuh janin sudah mulai terbentuk dengan jelas.

  • Trimester kedua

Cara mengetahui kehamilan pada trimester kedua jantung janin sudah mulai terdengar, mata sudah bisa membuka, telinga sudah sesuai tempatnya, mulut sudah mulai bisa menghisap. Janin lebih banyak berkembang pada trimester kedua ini. Bahkan pembuluh vena akan mulai terlihat di kulit janin.

  • Trimester ketiga

Pada trimester ketiga ini janin sudah dapat menanggapi cahaya, mendengar suara, mengubah posisi tubuhnya, sudah muali bisa mendengar, bisa merasakan sakit. Dan bagian tubuh pun sudah terbentuk hampir sempurna kecuali paru-paru. Bahkan pada trimester ini janin sudah bisa mengubah posisi tubuhnya. Lalu pada minggu 42 bentuk tubuh janin sudah sempurna dan paru-parunya pun sudah terbentuk.

Setiap periode bayi dalam kandungan akan selalu bertumbuh dan berkembang, sehingga jangan pernah ibu lewatkan perkembangannya. Ketahui dari awal dengan cara mengetahui kehamilan sedini mungkin. Jika ibu kesulitan menghitung kehamilan ibu bisa bergabung dengan parenting club yang diinisiasi oleh Wyeth, di sana banyak tersedia informasi mengenai kehamilan. Dari tanda dan gejala hamil sampai pada proses persalinan bahkan sampai bagaimana cara memberikan ASI yang baik. Tidak perlu khawatir jika ibu memiliki masalah atau pertanyaan, ibu bisa sharing dan berdiskusi di parenting club ini.

Sumber : https://www.parentingclub.co.id/smart-stories/mengenali-tanda-awal-kehamilan

0 comments on “Kenali Kehamilan dengan Cara Mengetahui Kehamilan Sedini MungkinAdd yours →

Tinggalkan Balasan