Tumbuh Kembang Anak dalam Usia 1 Tahun

Tumbuh Kembang Anak Dalam Usia 1 Tahun Secara Umum

Tumbuh Kembang Anak dalam Usia 1 Tahun

Satu tahun awal kelahiran si kecil kini telah dilewati. Tentu ibu dan ayah sangat bahagia melihat si kecil yang kini berusia 1 tahun bukan ? Tumbuh kembang anak usia 1 tahun terjadi begitu luar biasa. Yuk, mengenal bagaimana perkembangan si kecil dalam usia 1 tahun agar ibu dan ayah juga dapat memberikan perawatan yang optimal untuk si kecil. Umumnya, pada usia 1 tahun ini anak telah mampu mengucapkan kata pertamanya yakni “mama” ataupun “papa”. Bahkan juga perkembangan yang baik membuat si kecil mulai bersemangat untuk memanggil orang-orang yang ada di dekatnya yang setiap harinya berjumpa denganya.

Nah, pada sisi lain, di usia 1 tahun ini ibu tetap perlu mewaspadai berbagai gejala masalah kesehatan yang kemungkinan bisa terjadi dalam si kecil. Salah satu yang perlu diwaspadai adalah sejumlah gejala yang dapat menjadi indikasi terdapatnya ASD alias Autism Spectrum Disorder pada anak usia 1 tahun. ASD sendiri dikenal sebagai sebuah gangguan autisme, sindrom Asperger, maupun pervasive developmental disorder-not otherwise specified (PDD-NOS). Gejala ini sudah mulai dapat diperhatikan saat anak memasuki usia 1 tahun sampai dengan 2 tahun. Apabila di usia ini anak belum mengoceh sama sekali ataupun tidak dapat memberikan respon pada gerakan maupun isyarat seperti contohnya lambaian tangan, maka ibu perlu mewaspadainya agar diperiksakan ke dokter anak.

Kemudian dalam hal kesehatan sendiri, dalam tumbuh kembang anak usia 1 tahun jumlah gigi si kecil bertambah. Sehingga disini ibu punya peranan yang penting untuk memberikan pengertian akan pentingnya si kecil dalam menjaga kebersihan giginya. Ibu bisa mulai membersihkan gigi si kecil menggunakan sikat gigi dengan kepala kecil dan berbulu halus. Bukan hanya itu saja, ibu juga perlu untuk membawa si kecil ke dokter gigi guna memeriksakan kondisi kesehatan gigi si kecil di usia 1 tahun ini. Jangan lupakan juga untuk bertanya kepada dokter gigi terkait langkah perawatan yang tepat agar gigi si kecil selalu sehat. Kunjungan ke dokter bahkan bukan hanya bermanfaat untuk tumbuh kembang anak usia 1 tahun dalam hal kesehatan giginya saja, namun juga bermanfaat agar anak terbiasa dengan suasana tempat prakter dokter gigi sehingga juga membuatnya tidak takut lagi pada saat kunjungan berikutnya.

Tips untuk ibu agar dapat mendukung tumbuh kembang anak usia 1 tahun berjalan dengan optimal, tetap berikan stimulasi melalui kegiatan-kegiatan yang menarik. Selain tu dalam hal asupan nutrisi yang diperlukan si kecil, berikan makanan sehat bergizi seimbang dan jika perlu lengkapi dengan Wyeth S-26 Procal Gold yang merupakan susu pertumbuhan untuk anak pada rentang usia 1-3 tahun. Wyeth S-26 Procal Gold mengandung 52 bahan yang terdiri dari makro nutrien yakni karbohidrat, protein, juga lemak dan ditambah lagi mikro nutrien yang antara lainnya adalah 12 vitamin dan 8 mineral. Pada usia si kecil yang telah menginjak 1 tahun ini, ibu juga disarankan untuk meminimalisir pemberian makanan yang sangat halus, mulailah untuk mengenalkan pada tekstur makanan yang sedikit agak keras seperti biskuit.

0 comments on “Tumbuh Kembang Anak Dalam Usia 1 Tahun Secara UmumAdd yours →

Tinggalkan Balasan